Pengertian
E-Business secara garis besar :
E-Business adalah kegiatan transaksi , jual beli , bisnis yang dilakukan secara otomatis melalui kegiatan elektronik/internet , dan juga perusahaan dapat berhubungan langsung dengan customernya , rekan bisnis ataupun supplier. E-business juga bisa berupa iklan , mengajak seseorang untuk membeli produk kita . tanpa E-business , E-commerce hanyalah burung tanpa sayap. Salah satu fungsi nya adalah untuk mensupport bagian dari marketing , produksi , accounting , finance dan HRM. Lebih tepatnya perusahaan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi oleh organisasi, individu, atau pihak-pihak terkait untuk menjalankan dan mengelola proses bisnis utama sehingga dapat memberikan keuntungan.
7 strategi taktis untuk sukses dalam
e-Business [1]
1. Fokus. Produk-produk yang
dijual di internet harus menjadi bagian yang fokus dari masing-masing manajer
produk.
2. Banner berupa teks, karena respons yang
diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
3. Ciptakan 2 level
afiliasi. Memiliki distributor penjualan
utama dan agen penjualan
kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
4. Manfaatkan kekuatan
e-mail. E-mail adalah aktivitas pertama yang paling banyak digunakan di Internet,
maka pemasaran dapat dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
5. Menulis artikel. Kebanyakan penjualan
adalah hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk dapat
dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
7. Komunikasi instan. Terus mengikuti
perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga kepercayaan
dengan cara komunikasi langsung.
Ruang lingkup E Business :
Ruang Lingkup E Bussiness: Dijelaskan
dengan Prinsip (4 W) Yaitu: What, Where, Who dan Why.
1. What Secara prinsip pengertian E Business jauh lebih luas
dibandingkan dengan E Commerce, bahkan secara filosofis, E Commerce merupakan
bagian dari E Bussiness. Jika E Commerce hanya memfokuskan diri pada aktivitas
atau mekanisme transaksi yang dilakukan secara elektronik/digital, E Bussiness
memiliki wilayah yang jauh lebih luas, termasuk di dalamnya aktivitas relasi
antara dua entiti perusahaan, interaksi antara perusahaan dengan pelanggannya,
kolaborasi antara perusahaan dengan para mitra bisnisnya, pertukaran informasi
antara perusahaan dengan para pesaing usahanya, dan lain sebagainya.
2. Where E Bussiness dilakukan dimana saja, sejauh pihak yang
berkepentingan memiliki fasilitas elektronik/digital sebagai kanal akses
(access channel). Berbeda dengan bisnis konvensional dimana transaksi biasa
dilakukan secara fisik di sekitar perusahaan dengan akses dan variasi transaksi
yang terbatas.
3. Who Siapa saja yang melakukan E Bisnis. Klasifikasi entiti yang kerap
dipergunakan dalam mengilustrasikan eBusiness, masing-masing: Agent, Business,
Consumer, Device, Employee, Family, dan Government. Contohnya adalah sebuah
aplikasi tipe eCommerce B-to-C yang merupakan mekanisme hubungan perdagangan
antara sebuah perusahaan dengan para pelanggannya (end consumersnya); atau tipe
G-to-G yang menghubungkan dua buah negara untuk permasalahan eksport dan
import.
4. Why Penerapan konsep eBusiness secara efektif memberikan
keuntungan bagi perusahaan karena banyaknya komponen biaya tinggi yanga dapat
dihemat, yang secara tidak langsung meningkatkan level pendapatannya. Dengan
mengimplementasikan eBusiness, perusahaan dapat melihat berbagai peluang dan
celah bisnis baru yang selama ini belum pernah ditawarkan kepada masyarakat.
· Business to Administrator, adalah sebuah kegiatan memanagement semua aspek
bisnis yang dibangun untuk bisa membangun dan mengembangkan bisnis yang
dilakukan sesuai dengan sasaran dan tujuan dari pembagun bisnis yang dilakukan.
Sebagian besar perusahaan memiliki sebuah kelompok khusus administrator yang
bekerja untuk memastikan hal ini terjadi. Contoh situs yang menggunakan konsep
ini adalah www.emagister.net
· Brokerage, adalah orang yang
menyediakan pasar, brokerage memiliki peran dalam mempertemukan dan memfasilitasi
transaksi antara penjual dan pembeli. Brokerage sering memainkan peran dalam
bisnis-to-business (B2B), business-to-konsumen (B2C), atau konsumen-ke-konsumen
(C2C). Keuntungan didapat oleh brokerage dari komisi yang diberikan oleh pihak
yang terlibat dalam transaksi baik itu penjual atau pembeli. Contoh situsnya
seperti www.respond.com atau www.paypal.com
· Seller Driven Market, adalah jenis pasar penjualan elektronik komoditas, dimana dalam pasar ini
terjadi kelangkaan komoditas atau barang yang mendasar yang mengakibatkan harga
menjadi mahal karena permintaan atas barang / pasokan yang amat tinggi. Contoh
situs yang mengaplikasikan pasar ini adalah www.lelangmurah.com
· Buyer Driven Market, adalah jenis pasar elektronik yang berlawanan dengan pasar Seller driven
market. Dalam pasar ini bisanya terdapat banyak sekali situs atau penjual yang
menawarkan sebuah produk yang sama sehingga dengan demikian pembeli memilki
kesempatan untuk memilih. Ketika keadaan pasar seperti ini biasanya harga
barang yang ditawarkan oleh penjual akan cenderung murah. Contoh situs yang
cukup terkenal dengan konsep ini misalnya www.buyers-market.net
jenis-jenis
e-bussines yang biasa dilakukan :
·
B2B, adalah bisnis yang dilakukan sebuah perusahaan dengan perusahaan
lain(antara perusahaan) baik itu perusahaan yang bergerak pada bidang industri
yang sama ataupun berbeda dengan menggunakan media Internet. B2B biasa
dilakukan untuk menghemat biaya transaksi. Sebagai contoh perusahaan A ingin
memesan sejumlah unit komputer pada perusahaan B, maka perusahaan A dapat
mengakses situs resmi perusahaan B dan menuliskan pesanannya. Perusahaan B yang
mendapatkan pesan pemesanan barang tersebut akan mengirimkan barang yang
dimaksud. Pembayaran biasanya dilakukan berdasarkan kesepakatan sebelumnya.
Meskipun tentu saja pemesanan barang ini dapat dilakukan dengan mengangkat
telepon. Salah satu contoh perusahaan di Indonesia yang menerapkan konsep B2B
adalah situs www.dagang2000.com milik PT Indosat Adimarga dan
www.indonesianexport.com milik PT e-Commerce Nusantara.
·
B2C, dapat diartikan sebagai jenis perdagangan elektronik dimana ada sebuah
perusahaan (business) yang melakukan penjualan langsung barang-barangnya kepada
pembeli (consumer). Kesuksesan dari B2C pada dasarnya dikarenakan faktor
penawaran barang kualitas tinggi dengan harga murah dan banyak pula dikarenakan
pemberian layanan kepada konsumen yang cukup baik Contoh perusahaan kelas
dunia yang telah menerapkan B2C adalah www.Amazon.com dan www.WSJ.com
·
Business to Administrator, adalah sebuah kegiatan memanagement semua aspek
bisnis yang dibangun untuk bisa membangun dan mengembangkan bisnis yang
dilakukan sesuai dengan sasaran dan tujuan dari pembagun bisnis yang dilakukan.
Sebagian besar perusahaan memiliki sebuah kelompok khusus administrator yang
bekerja untuk memastikan hal ini terjadi. Contoh situs yang menggunakan konsep ini
adalah www.emagister.net
·
Brokerage, adalah orang yang menyediakan pasar, brokerage memiliki peran
dalam mempertemukan dan memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli.
Brokerage sering memainkan peran dalam bisnis-to-business (B2B),
business-to-konsumen (B2C), atau konsumen-ke-konsumen (C2C). Keuntungan didapat
oleh brokerage dari komisi yang diberikan oleh pihak yang terlibat dalam
transaksi baik itu penjual atau pembeli. Contoh situsnya seperti
www.respond.com atau www.paypal.com
·
Seller Driven Market, adalah jenis pasar penjualan elektronik komoditas,
dimana dalam pasar ini terjadi kelangkaan komoditas atau barang yang mendasar
yang mengakibatkan harga menjadi mahal karena permintaan atas barang / pasokan
yang amat tinggi. Contoh situs yang mengaplikasikan pasar ini adalah
www.lelangmurah.com
·
Buyer Driven Market, adalah jenis pasar elektronik yang berlawanan dengan
pasar Seller driven market. Dalam pasar ini bisanya terdapat banyak sekali
situs atau penjual yang menawarkan sebuah produk yang sama sehingga dengan
demikian pembeli memilki kesempatan untuk memilih. Ketika keadaan pasar seperti
ini biasanya harga barang yang ditawarkan oleh penjual akan cenderung murah.
Contoh situs yang cukup terkenal dengan konsep ini misalnya www.buyers-market.net
Model-Model
E-Business :
1. Virtual Storefront, yang menjual produk fisik atau jasa secara online, sedangkan pengirimannya menggunakan sarana – sarana tradisional. seperti jasa posdan kurir. • Amazon.com
• Virtual vineyards
• Security first
• Network bank
1. Virtual Storefront, yang menjual produk fisik atau jasa secara online, sedangkan pengirimannya menggunakan sarana – sarana tradisional. seperti jasa posdan kurir. • Amazon.com
• Virtual vineyards
• Security first
• Network bank
2. Marketplace Concentrator, yaitu yang memusatkan mengenai informasi produk dan jasa dari beberapa produsen pada satu titik sentral. Pembeli dapat mencari, membanding – bandingkan dan kadangkala juga melakukan transaksi pembelian. • Internet mall
• DealerNet
• Industrial marketplace
• Insuremarket
3. Information Brokerme, yaitu menyediakan informasi mengenai produk, harga dan ketersediaannya dan terkadang menyediakan fasilitas transaksi. Namun nilai utamanya adalah informasi yang disediakan.
• Partnet
• Travelocity
• Auto by Tei
4. Transaction Broker, yaitu pembeli dapat mengamati berbagai tarif dan syarat pembelian, namun aktifitas bisnis utamanya adalah memfasilitasi transaksi.
• Etrade
• Ameritrade
5. Electronic Clearinghouses, yaitu menyediakan suasana seperti tempat lelang produk, dimana harga dan ketersediaan selalu berubah tergantung pada reaksi konsumen.
• Bid.com
• Onsile
6. Reverse auction, yaitu konsumen mengajukan tawaran kepada berbagai penjual untuk membeli barang atau jasa dengan harga yang disfesifikasi oleh pembeli.
7. Digital Product Delivery, yaitu menjual dan mengirim perangkat lunak, multimedia, dan produk digital lainnya lewat internet.
8. Content Provider, yaitu yang memperoleh pendapatan melalui penyediaan kontan, pendapatan dapat dihasilkan dari biaya langganan atau biaya akses.
9. Online Service Provider, yaitu menyediakan layanan dan dukungan bagi para pemakai perangkat lunak dan perangkat keras
• Telkomnet speedy
• Indosat m2
Tujuh persyaratan pembentukan inkubator bisnis
tersebut antara lain:
1. Space. Inkubator harus
menyediakan tempat untuk mengembangan usaha pada tahap awal.
2. Shared. Inkubator harus
menyediakan fasilitas kantor yang bisa digunakan secara bersama, yang
dilengkapi dengan ruang konferensi, sistem telepon, komputer dan keamanan.
3. Services. Memberikan layanan
meliputi konsultasi manajemen dan masalah pasar, aspek keuangan dan hukum,
serta informasi perdagangan dan teknologi.
4. Support.Inkubator membantu
akses anggotanya kepada riset, jaringan profesional, teknologi dan investasi.
5. Skill Development. Pengembangan
keterampilan dapat dilakukan melalui latihan menyiapkan rencana bisnis,
manajemen dan kemampuan lainnya.
6. Seed Capital. Pendanaan bisa
dilakukan melalui dana bergulir internal, atau dengan membantu akses usaha
kecil pada sumber-sumber pendanaan, atau lembaga keuangan yang ada.
7. Synergy.Inkubator mendorong
kerjasama antartenant dan jejaring dengan pihak universitas, lembaga riset,
usaha swasta, profesional maupun dengan masyarakat internasional.
Sementara itu, secara
umum fasilitas dan jasa layanan yang disediakan inkubator bisnis bervariasi,
yang dapat dibedakan menjadi empat jenis, mencakup:
1.
Jasa manajemen, meliputi jasa
konsultansi bisnis, pembuatan rencana usaha, pendidikan dan pelatihan,
pemagangan, pengurusan izin atau legalitas dan hak intelektual, desain produk
dan lainnya.
2.
Pemasaran, meliputi pameran, pembuatan
brosur, penyediaan showroom dan penyebaran informasi pasar.
3.
Akses permodalan, meliputi pemberian
insentif modal, akses modal dari program pemerintah, dan akses ke BUMN serta
lembaga keuangan.
4.
Sarana dan prasarana usaha,meliputi
ruangan kerja, lahan usaha, fasilitas dan sarana kantor, peralatan dan sarana
lainnya yang dibutuhkan tenant dalam rangka mengembangkan
usaha.
Referensi :
http://entrepreneur.bisnis.com/read/20150820/88/463976/bank-indonesia-ini-syarat-dan-fasilitas-inkubator-bisnis
kurang jelas ah
BalasHapusgood sist. tingkatkan!
BalasHapusgood sist. tingkatkan!
BalasHapuskurang jelas ah
BalasHapuskurang jelas ah
BalasHapus